Rabu, 26 Desember 2012

PROFIL (sang juara KIR)



 Profil {sang juara KIR}
       Kalian pasti tahu, siapa teman kita yang baru saja membawa nama baik SMP 1 Pandak ke tingkat nasional.Yup, benar sekali dia adalah Ayyasi Izaz Almas.Cowok yang kerap disapa Almas ini lahir di Cilacap 9 Mei 1998. Tapi sekarang ia menetap di Klanen Dagaran Palbapang Bantul …..benar sekali , di sebelah selatan SMP kita ini.
       Anak dari pasangan suami istri yang bernama Drs Sutrisno dan Tri Hidayati Setiyaningsih S.pd ini ini mengaku sangat bangga telah meraih mendali emas dari lomba KIR tingkat nasional. Dan merasa sangat bersyukur karena dapat mengharumkan  nama baik SMP 1 Pandak juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi kedua orangtuanya.
       Sekarang kita bahas tentang KIR,sebenarnya kalian itu tau gak sih apa itu KIR ???....Nih ya aku kasih tau,,KIR itu adalah sebuah karya tulisan yang berisi ide kreatif siswa yang disusun secara komprehensi berdasarkan data yang dianalisis dan diakhiri dengan kesimpulan yang revelan.Atau bias juga diartikan ,karya ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar.Udah tau kan sekarang…????.
         Kalau menurut Almas KIR itu gimana ya??,,, ini dia jawabannya “KIR itu sangat menarik dan berwawasan ,dan KIR itu adalah sesuatu yang menyenangkan “ ,tuturnya pada hari Senin,22 Oktober 2012.
        Latar belakang penelitiannya terhadap buah kelapa adalah, karena pada saat itu produksi kelapa di Kabupaten Bantul sangat  melimpah yaitu mencapai 107.000 ton pertahunnya. Dengan produksi yang seperti ini sehingga banyak memunculkan UKM yang berbasis buah kelepa.Contohnya: UKM Geplak ,kerajinan batok kelapa , nata de coco, dll. Ternyata dari wawancaranya dengan UKM-UKM yang berbasis kelapa di Kabupaten Bantul, UKM-UKM tersebut memperoleh bahan baku kelapa dari luar daerah ,seperti: Sukoharjo, Purworejo, dan Kulonprogo.Dan ternyata yang lebih lucunya lagi daerah-daerah luar Kabupaten Bantul mengambil buahkelapa dari Kabupaten Bantul yang di jual oleh pedagang kelapa.b
          Anak sulung dari dua bersaudara ini memiliki hobi bermain sepakbola dan futsal.Dari sekian panjang penerangannya pada kami , terselip beberapa tips agar bias menjadi juara, seperti selalu berusaha semaksimal mungkin dan pantang menyerah, selalu berdo’a pada Tuhan , juga meminta do’a dan dukungan dari orangtua dan teman-teman.
          “Jangan menyerah sebelum bertindak , selalu rendah hati tapi jangan rendah diri, berbakti pada orangtua, dan jadilah orang yang berguna dan selalu berbakti  pada SMP 1 Pandak”. Itulah beberapa pesan yang ia sampaikan untuk teman-teman pembaca. Dan sekaligus menjadi akhir dari wawancara kami dengan Almas.
       Gimana udah puas belum bacanya ???? Moga-moga kalian puas membacanya . Udah dulu ya ceritanya ,, besok kita ketemu pada mading episode selanjutnya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar